Selamat Datang Di Official WebBlog PNPM Mandiri Perdesaan Kabupaten Tebo

Jalan Rabat Beton Membawa Berkah Bagi Masyarakat Kami

     Tidaklah sesuatu yang berlebihan jika masyarakat menginginkan sebuah infrastuktur yang baik. Baik itu berupa gedung ataupun jalan. Terlebih lagi jalan yang sering dipergunakan masyarakat, karena jika jalan yang sering dilewati masyarakat ini rusak akan mempersulit aktivitas sehari-hari, baik aktivitas ekonomi ataupun aktivitas yang lainnya. Didesa Mangun Jayo terdapat jalan dimana kondisinya rusak parah dan becek,padahal jalan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat,apa lagi jalan ini adalah jalan yang menghubungkan desa Mangun Jayo dan kelurahan Tebing Tinggi. Apabila saat musim hujan jalan ini pun tak bisa di lewati kendaraan roda 2,tapi hanya bisa dilewati oleh masyarakat yang berjalan kaki,itu pun harus melewati lumpur/leak yang cukup dalam.
     Dengan ke hadiran Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat - Mandiri Perdesaan (PNPM-MPd) di Kec.Tebo Tengah, Kab.Tebo, yang diikuti oleh kelurahan dan desa, diantara nya : 2 Kelurahan dan 10 Desa, masing –masing kelurahan dan desa dapat mengusulkan berbagai kegiatan sarana dan prasarana, diantaranya desa Mangun Jayo mendapatkan peringkat ke-3,setelah melaksanakan Musyawarah Perencanaan dan Musyawarah Desa Khusus Perempuan, masyarakat desa mangun jayo sepakat mengusulkan pembangunan jalan rabat beton dengan panjang : 1.490 Meter, yang bersumberkan dana dari PNPM-MPd : Rp.203.548.000,-, dan swadaya masyarakat : Rp.5.582.500,-.
     Pada saat kunjungan lapangan bersama FT(Azman) hari kamis tanggal 27 Juni 2013 yang lalu, saya sempat mewawancarai masyarakat yang tinggal di dekat lokasi pembangunan Jalan rabat Beton desa mangun jayo.

bagaimana buk, setelah jalan rabat beton ini dibangun oleh PNPM-MPd?
kami sangat berterima kasih kepada Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat – Mandiri Perdesaan (PNPM-MPd) telah membangun desa kami,sekarang jalan kami tidak becek lagi dan sudah bisa dilewati kendaraan roda 2, serta aktivitas kami pun sekarang menjadi lancar,” ujar bu Evi, salah satu masyarakat desa Mangun jayo.

     Masyarakat pun sangat merasakan dampak serta manfaat dari Jalan Rabat Beton di desa Mangun Jayo. Maka dari itu kami mengharapkan dan menghimbau kepada seluruh masyarakat desa mangun Jayo agar tetap menjaga dan memelihara Jalan Rabat Beton yang telah dibangun oleh PNPM-MPd Kec.Tebo Tengah Kab.Tebo Tahun 2013 untuk dan demi kepentingan bersama.

Kodisi sebelum dibangun Jalan Rabat Beton
oleh PNPM MPd (0 %)
















Kodisi setelah dibangun Jalan Rabat Beton
oleh PNPM MPd (100 %)


Penulis


M. Izhar (PL Reguler Kec. Tebo Tengah)



0 komentar: