Selamat Datang Di Official WebBlog PNPM Mandiri Perdesaan Kabupaten Tebo

Kebahagiaan Masih Ada Untuk Tebo Ulu

    Kebahagiaan tumbuh terasa dengan dimulainya pembangunan Kegiatan fisik di Kecamatan Tebo Ulu.Karena lebih kurang dari dua bulan penantian pencairan dana BLM tertunda  padahal dana tersebut sudah masuk ke rekening UPK.Ini semua disebabkan ada dana penyelewengan yang terjadi di Kecamatan   Tebo Ulu,sehingga  kecamatan Tebo Ulu menjadi kecamatan yang berpotensi masalah.

      Dengan berkat perjuangan Pelaku-pelaku  PNPM–MPd di tingkat Kecamatan,yang didampaingi oleh Fasilitator Kecamatan (FK dan FT ).Sehingga penyelewengan tersebut dapat diselesaikan dengan 80% dikembalikan.

     Terasa lega pun menghampiri ke masyarakat Tebo Ulu bahwa kecamatannya sudah terlepas dari Kecamatan yang berfotensi masalah.Karena Jika tidak diselesaikan  pengembalian 80%  Maka kecamatan ini akan menjadi  kecamatan yang bermasalah,inilah yang ditakutkan oleh masyarakat Tebo Ulu.Terutama bagi Desa yang terdanai kegiatan fisik dari PNPM- MPd.Alhamdulillah sekarang Desa tersebut merasa sangat senang  sekali dengan terlepasnya kecamatan yang berpotensi masalah.Masyarakat sangat antusias sekali supaya kegiatan fisik di Desanya dapat dilaksanakan dengan cepat sesuai yang diimpikan selama ini.

      Salah satu contoh Desa yang mendapatkan kegiatan fisik yaitu Desa Lubuk Benteng  mendapatkan kegiatan Fisik pengadaan mesin pakan ternak + kandang. Yang mana Desa tersebut sering mengeluh dengan kurang kesediaan pakan ternak,sehingga ternaknya lambat berkembang.Padahal masyarakat lubuk Benteng sangat menginginkan agar ternaknya tumbuh dan berkembng banyak. Keiginan masyarakat Desa Lubuk Benteng ingin  berternak bertujuan supaya akan menambah penghasilan keluarga.  begitu juga dengan kandangnya masyarakat Lubuk Benteng sangat membutuhkan sekali dengan adanya bantuan pembuatan kandang   ternak,agar  ternaknya  dapat terawat dengan baik.dan supaya ternaknya tidak berkeliaran di mana-mana.Yang mana pekerjaan pembuatan kandang dan penyediaan tempat mesin pakan ternak sudah mulai di kerjakan.Pekerjaan tersebut dimulai setelah pencairan 40% dana fisik dan dilaksanakan sesuai dengan petujuk SPBB. Sampai saat ini kendala dalam pekerjaan tersebut tidak ada. Karena Tukang yang ditentukan oleh masyarkat Desa Lubuk Benteng  adalah tukang yang mamang berpengalaman.

Pembuatan Kandang sapi Desa lubuk Benteng
      Keberadaan PNPM-MPd ini menyelusuri  kekelemahan yang terjadi di tengah  masyarakat miskin setiap Desa,bertujuan supaya tidak ada lagi masyarakat yang miskin. Dengan lewat Program PNPM-MPd ini masyarakat bisa menyampaikan keinginannya.Seperti contoh diatas yang terjadi di Desa Lubuk Benteng,masyarakat mengusulkan pengadaan pakan ternak + kandang dengan melalui proposal yang dibuat oleh TPU perwakilan dari Desa. PNPM-MPd akan menerima semua usulan dari Desa dan PNPM-MPd akan memverifikasi atas usulan dari Desa tersebut.Usulan akan didanai apabila usulan dari Desa itu memang betul mendesak dibutuhkan dan sangat layak untuk dibantu.


Penulis - PNPM Kec. Tebo Ulu

0 komentar: