Selamat Datang Di Official WebBlog PNPM Mandiri Perdesaan Kabupaten Tebo

Membangun Fastisifasi Menjalin Silaturahmi

     PEMBERDAYAAN, itulah salah satu kata yang sering di ucapkan dalam Program Nasional Pemberdayaan Masyarakatat Mandiri Perdesaan (PNPM-Mpd ), bukan hanya sebagai prinsip  bukan pula sebagai proses kerja, melainkan juga sebagai judul program.

      PEMBERDAYAAN adalah upaya untuk perubahan tatanan ekonomi, social, politik yang lebih adil dalam masyarakat, pemberdayaan adalah suatu kata yang di gunakan dalam program PNPM, di mana program ini di ciptakan untuk membentuk suatu karakter masyarakat yang mandiri dan kreatif, dan membangun karakter masyarakat yang lebih baik lagi, maka dari itu di wujudkan nya program PNPM ini.

     Setelah banya bercerita tentang PEMBERDAYAAN, saya akan membahas tetang maksud dari program ini, program PNPM memiliki suatu program yang mana nama program nya adalah SPP ( simpan pinjam perempuan ) program ini adalah dana bergulir yang dipinjamkan kepada para ibuk rumah tangga yang memiliki keterampilan, untuk mengembangkan usahanya, dan untuk menambah peningkatan ekonomi di dalam rumah tangga nya.

      Selain SPP ( simpan pinjam perempuan ) ada suatu program lagi yang mana Program ini di danai dari dana APBD dan APBN yang nama program nya yaitu BLM ( bantuan langsung masyarakat ) dana dari BLM ini digunakan untuk penunjang pembangunan infrastruk perdesaan seperti Jalan Rabat Beton, Bangunan penunjang Pendidikan, pelatihan, DLL.

    Dalam program ini tak lepas dari campur tangan masyarakat, karna program ini memerlukan partisipasi dari masyarakat, agar terwujudnya program yang baik, karna di dalam program ini, apa pun suatu hasil dari keputusan harus melalui musyawarah terlebih dahulu.

Suasana Ketika Musyawarah
       Program ini memberikan dampak yang baik bagi masyarakat banyak, dengan ada nya program ini silaturahmi antar masyarakat lain pun terjalin, dan karna program ini telah banyak masyarakat miskin yang terbantu perekonomian nya. 

        Bukan hanya orang yang telah berkeluarga saja yang terbantu, melain kan para remaja yang tidak bisa menyambung keperguruan tinggi pun bisa terbantu dengan ada nya pelatihan yang diberikan oleh program ini.
Kegiatan Pelatihan Menjahit
       Dengan ada nya program ini masyarakat sangat terbantu dan kini senyumpun ter lihat dari wajah masyarakat yang keadaan ekonomi nya tidak memadai, dan para kaum remaja yang tidak menyambung pendidikan pun sekarang memiliki keterampilan dan bisa membuka usaha sendiri.

Sarana Prasarana Jalan Rabat Beton
      Bukan hanya para laki-laki saja yang terlibat dalam program ini, tetapi kaum perempuan juga ikut serta dalam, proses berjalan nya program ini, keterlibatan kaum perempuan yang di namai dengan KESETARAAN GENDER.  

     Harapan masyarakat Indonesia sangat besar dengan ada nya program ini, karna program ini lah masyarakat menengah kebawah terbantu perekonomian nya

Penulis : Aditya Ayunda
PL Kec. Tebo Ulu

0 komentar: