Selamat Datang Di Official WebBlog PNPM Mandiri Perdesaan Kabupaten Tebo

Mimpi Sukses Bu Rodiah Bukan Angan Belaka

    Ibu rodiah merupakan warga dusun tugu rejo desa bedaro rampak kecamatan tebo tengah kabupaten tebo, Beliau adalah salah satu kelompok binaan UPK “Tanggo Rajo” dan pemanfaat kelompok Simpan Pinjam Perempuan (SPP) yaitu kelompok Melati, jumlah anggotanya 7 orang dan pinjaman kelompok pemula hanya lah Rp.3 juta per orang, yang diketuai oleh ibu Siti Asnah Lubis.

    Beliau memulai bisnis usaha Goblek dan Keripik Pisang pada tahun 2008, Bahan utama pembuatan Goblek & Kue Pelintir adalah singkong dan Pisang.

     Ketika itu alat pembuatan nya masih manual, sederhana dan butuh waktu yang cukup lama, berkisar antara 2 hari s/d 3 hari hingga proses pengemasan dan pemasaran, tempat pemasarannya meliputi : pasar muara tebo, warung – warung kecil, pedagang keliling, dan toko-toko yang ada di sekitar Keluranhan Muara Tebo, Kelurahan tebing Tinggi, dan desa –desa yang ada di Kecamatan tebo tengah ini.

Proses Pembuatan Goblek dan Keripik Tempe

Proses Pembuatan Goblek dan Keripik Tempe
       Setelah usaha ibu rodiah sudah berjalan 1 tahun, beliau meningkatkan pinjaman nya menjadi Rp.5 juta hingga Rp.7 juta untuk menambahkan modal usaha dan menambah karyawan untuk membantu ibu rodiah dalam pembuatan Goblek & Keripik Pisang. Akhirnya ibu rodiah pun bisa membeli mesin alat pembuatan Goblek & Keripik pisang, bahkan beliau menambah produk usaha nya menjadi aneka ragam diantaranya : Goblek, Keripik Ubi Pedas, Keripik Pisang, Keripik Tempe, Peyek Ikan Tri, Peyek kacang dan Kue Pelintir.

Produk Goblek dan Kripik Tempe

Produk Goblek dan Kripik Tempe

     Suatu ketika menjelang hari – hari besar seperti hari raya idul fitri, idul adha dan hari besar lainnya, produk ibu rodiah laris manis di serbu pelanggannya.
Bisa – bisa ibu rodiah mendapat keuntungan yang cukup besar berkisar antara Rp.3 juta s/d Rp.6 juta.

Usaha ibu rodiah semakin maju dan mempunyai pelanggan yang tetap, ibu rodiah pun tak kwatir lagi dalam pemasan hasil produknya. Pesaran produk ibu rodiah sekarang sudah berkembang ke kecamatan se kabupaten Tebo, bahkan sudah sampai di kabupaten tentangga yaitu kabupaten Bungo.

“Semua nya itu berkat Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat – Mandiri Perdesaan (PNPM- MPd) melaui Simpan Pinjam Perempuan (SPP) usaha saya menjadi maju dan sukses terima kasih PNPM – MPd ujar ibu rodiah”

Penulis : Izhar
PL Reguler Kec. Tebo Tengah

0 komentar: